Sumsub dan Merkle Science Berkolaborasi untuk Meningkatkan

Crypto news indonesia, situs berita cryptocurrency & blockchain - sumsub dan merkle science berkolaborasi untuk meningkatkan transparansi dalam transaksi aset virtual

Sumsub, platform verifikasi siklus penuh global, bermitra dengan Merkle Science, platform risiko dan intelijen web3 prediktif yang bermarkas di Singapura, untuk memperkuat solusi Travel Rule-nya.

Sumsub akan mengintegrasikan fitur pemantauan dompet Merkle Science ke dalam solusi Travel Rule-nya untuk meningkatkan transparansi dan membantu klien aset digitalnya melacak dan mengidentifikasi sumber transfer dana secara akurat dengan berbagai Penyedia Layanan Aset Virtual (VASP).

Kepatuhan Travel Rule adalah persyaratan penting di yurisdiksi utama, yang diamanatkan oleh Financial Action Task Force (FATF). Bergantung pada pasar yang ditransaksikan VASP, VASP mungkin tidak mengetahui apakah transaksi melebihi ambang batas tertentu agar undang-undang Travel Rule dapat diberlakukan. 

Solusi Travel Rule Sumsub, yang diluncurkan pada Maret 2023, dirancang untuk mengamankan transfer informasi antar VASP dan mendukung semua pemeriksaan Know Your Customer (KYC) yang diperlukan, penyaringan anti-pencucian uang (AML), dan orkestrasi verifikasi sesuai dengan peraturan spesifik dan kebutuhan bisnis. Merkle Science dan Sumsub akan dengan mulus mengidentifikasi institusi mana yang perlu mematuhi, sambil memberikan lapisan verifikasi tambahan melalui produk AML dan anti-fraud Sumsub.

Dengan penyertaan fitur pemantauan dompet Merkle Science, Sumsub menawarkan kemampuan seperti pemantauan transaksi berkelanjutan, yang memungkinkan peringatan real-time untuk perusahaan aset digital jika terjadi perubahan tingkat risiko. Peningkatan ini menyederhanakan proses kepatuhan dan verifikasi, karena memungkinkan identifikasi aktivitas ilegal dengan memantau transaksi yang dikenai sanksi dan menganalisis sumber dan perilaku dana.

Beberapa negara di kawasan Asia-Pasifik (APAC) telah memasukkan Travel Rule ke dalam undang-undang mereka sendiri, dan lebih banyak lagi yang diperkirakan akan menyusul. Misalnya, Singapura telah mengintegrasikan Aturan ke dalam Undang-Undang Layanan Pembayarannya (berlaku sejak Januari 2020), yang mewajibkan verifikasi identitas VASP pencetus dan pencatatan detail KYC sebelum melakukan transfer dana. 

Selain regulasi pemerintah, bisnis aset digital juga mengakui pentingnya Travel Rule. Menurut laporan State of Verification and Monitoring in the Crypto Industry 2023 Sumsub, 56% bisnis kripto yang disurvei secara global memiliki rencana untuk mengintegrasikan solusi Travel Rule tetapi belum menyelesaikan proses ini.

“Biaya ketidakpatuhan tidak boleh dianggap remeh. Melibatkan pihak berisiko tinggi atau menghadapi tindakan penegakan hukum tidak hanya dapat menyebabkan kerugian finansial yang besar, tetapi juga kerusakan reputasi jangka panjang dan penutupan bisnis untuk pelaku aset digital. Ini menggarisbawahi pentingnya kepatuhan Travel Rule,” kata Penny Chai, VP Pengembangan Bisnis, APAC. 

Baca Juga : Transaksi Aset Kripto Menurun, Tapi Ada Optimisme Pasar Kripto

“Untuk memenuhi kepatuhan Travel Rule, VASP harus memiliki pemahaman yang jelas tentang mitra blockchain mereka dan profil risikonya. Ini membutuhkan penerapan kombinasi proses Know Your Business (KYB) dan KYC yang kuat, serta memiliki analisis risiko blockchain yang tepat. Kami yakin bahwa bekerja sama dengan Merkle Science akan menyederhanakan proses kepatuhan, menumbuhkan kepercayaan, dan memastikan kepatuhan di seluruh industri.”

“Dalam bidang aset digital dan mata uang kripto, membangun fondasi yang kuat dan aman sangat penting untuk pengembangannya yang aman dan berkelanjutan. Inilah sebabnya, di Merkle Science, kami senang dapat berkolaborasi dengan Sumsub, mitra yang memiliki visi yang sama,” kata Ian Lee, Direktur & Kepala Produk di Merkle Science. “Dengan proses verifikasi dan pemantauan yang ditingkatkan, kami mengantisipasi untuk memainkan peran penting bersama Sumsub dalam membantu industri aset digital mengurangi risiko dan mencapai kepatuhan dalam jangka panjang.”

Penafian: Ini adalah pernyataan resmi (press release). Pembaca diharapkan untuk melakukan penelitian dan evaluasi sendiri sebelum mengambil tindakan terkait dengan perusahaan, afiliasi, atau layanan yang dipromosikan. Kami tidak bertanggung jawab atas kerusakan atau kerugian yang mungkin timbul, baik langsung maupun tidak langsung, yang diakibatkan oleh atau terkait dengan penggunaan atau ketergantungan terhadap konten, barang, atau layanan yang disebutkan dalam press release ini.