Proyeksi Pasar Dark Web 2024: Hati-hati Iklan di area Mesin Pencarian

Proyeksi Pasar Dark Web 2024: Hati-hati Iklan di tempat area Mesin Pencarian

Kontrapedia.com – Para ahli Kaspersky menyaksikan peningkatan signifikan pada aktivitas pencurian juga pemerasan dalam lingkungan ekonomi Dark Web.

Ke depan, perusahaan juga harus mengantisipasi tantangan baru, termasuk meningkatnya diperkenalkan layanan penguras kripto, pertumbuhan iklan situs web palsu melalui iklan penelusuran (search advertising), dan juga peningkatan “loader”.

Dalam Kaspersky Security Bulletin (KSB) terbaru, para ahli dari Global Research and Analysis Team dan juga Kaspersky Digital Footprint Intelligence t beberapa tren diperkirakan akan membentuk lanskap pangsa dark web 2024.

Penipu akan semakin beralih ke iklan mesin pencari untuk mengiklankan situs web yang dimaksud berisi malware.

Jika sebelumnya mereka bergantung pada email phishing, penjahat dunia maya saat ini menggunakan iklan Google kemudian Bing untuk meyakinkan halaman arahan dia – yang dimaksud dipenuhi malware – menerima tempat teratas di hasil pencarian.

Dealer lalu lintas gelap kemungkinan akan meningkatkan aktivitas pelanggan dia dalam bursa bawah tanah.

Ilustrasi Google Search. [Edho Pratama/Unsplash]
Ilustrasi Google Search. [Edho Pratama/Unsplash]

Kaspersky memperkirakan praktik penyalahgunaan ini akan terus meningkat.

Selain itu, penguras kripto, sebuah kategori perangkat lunak berbahaya yang dirancang untuk evakuasi dana secara cepat serta otomatis dari dompet kripto yang tersebut sah ke dompet para penjahat siber, sekarang ini sedang berada pada momentumnya di area kalangan penipu kripto.

Kaspersky memperkirakan peningkatan permintaan terhadap malware pencuri kripto semacam ini, yang mengakibatkan peningkatan prevalensi iklan yang memperkenalkan pengembangan dan juga penjualannya pada lingkungan ekonomi bawah tanah.

Minat berkelanjutan terhadap kripto, NFT, serta aset digital lainnya diperkirakan akan memicu proliferasi alat-alat ini.

Selain itu, para ahli juga mengantisipasi kecenderungan berikut:

Jumlah layanan yang digunakan menyediakan penghindaran Antivirus untuk malware (crypt) akan meningkat

Layanan malware “Loader” akan terus berkembang

Pencampur Bitcoin (Bitcoin mixers) lalu layanan pembersihan akan terus mengalami perkembangan lalu menunjukkan pembaharuan lingkungan ekonomi yang dinamis

Ilustrasi Malware (Pexel.com/solarseven)
Ilustrasi Malware (Pexel.com/solarseven)

“Keamanan siber menuntut sikap proaktif. Memantau aktivitas lalu tren bursa dark web mirip dengan mengintip pedoman melawan musuh, memungkinkan deteksi dini ancaman, memahami taktik musuh, juga menegaskan beberapa langkah lebih tinggi maju di hal pertahanan dunia maya,” kata Sergey
Lozhkin, Peneliti Keselamatan Utama, Tim Investigasi juga Analisis Global (GReAT) di dalam Kaspersky.

(Sumber: Suara.com)