Bisnis  

PLN Diminta Terus Lakukan Inovasi kemudian Digitalisasi Layanan Pelanggan

PLN Diminta Terus Lakukan Inovasi kemudian Digitalisasi Layanan Pelanggan

Kontrapedia.com – Direktur Pusat Studi Kebijakan Publik (PUSKEPI), Sofyano Zakaria memohonkan PT PLN (Persero) terus melakukan pembaharuan terhadap pelayanan pelanggan. Sehingga, memudahan pelanggan untuk menjangkau pelayanan listrik di area rumah masing-masing.

Sofyano menilai, kekinian perubahan PLN sangat terasa bagi pelanggan, khususnya pada sisi perubahan digital melalui perangkat lunak PLN Mobile.

“Banyak perubahan struktural juga pengembangan digital yang digunakan sudah ada dilaksanakan PLN dengan predikat sangat bagus. Dan dampaknya bagus bagi bidang usaha juga pelanggan yang tersebut ada pada seluruh Indonesia. Saya serta beberapa kolega saya merasakan betul itu,” ucapannya yang tersebut dikutip, Hari Sabtu (27/1/2024).

Menurut Sofyano, sebenarnya perubahan pelayanan PLN telah dinilai bermanfaat bagi pelanggan. Hal ini terbukti di tempat mana PLN berhasil meraih 779 penghargaan di berbagai kategori, baik dalam tingkat nasional hingga internasional sepanjang tahun 2023.

Baca Juga: Indonesia Duduki Peringkat 45 WDCR, Naik Enam TIngkat Dibanding Sebelumnya

“Saya dengar PLN dapat hampir 800 penghargaan pada 2023 kemarin serta itu sangat layak mengingat perubahan yang mana terus dilakukan,” beber dia.

Tidak hanya sekali dari sisi pelayanan pelanggan, Sofyano juga mengakui peranan PLN yang mana menjalankan proses kegiatan bisnis dengan tetap memperlihatkan mengutamakan kelestarian lingkungan. Diketahui, PLN peroleh 20 penghargaan Proyek Penilaian Performa Korporasi (PROPER) Emas Tahun 2023 dari Kementerian Lingkungan Hidup lalu Kehutanan (KLHK).

“Raihan proper emas dari tahun ke tahun yang mana jumlahnya terus meningkat membuktikan bahwa PLN telah mengurus perusahaan secara pruden juga ramah lingkungan secara menyeluruh lalu kontinyu,” imbuh dia.

Selanjutnya, penghargaan bukan hanya saja diraih pada skala nasional. Sofyano mengatakan, penghargaan yang dimaksud diperoleh PLN juga berasal dari skala internasional pada 2023. Antara lain, PLN meraih dua penghargaan pada event Asian Experience Awards 2023 dari The Asian Business Review dalam bulan Oktober.

Kemudian Contact Center PLN 123 juga berhasil menghadirkan pulang 8 penghargaan pada turnamen Global Contact Center World Awards (GCCWA) 2023 pada bulan Agustus. Berkat tranformasi dari sisi human capital, PLN juga meraih kategori Contribution to Organization dari The Asia HRD Awards 2023 dalam bulan Oktober.

Sofyano menambahkan, PLN memang benar telah memiliki budaya kerja yang mana kuat. Dengan demikian, sangat mudah bagi PLN untuk melakukan perubahan struktural dan juga inovasi. “Terlebih pada waktu ini, PLN dipimpin oleh Darmawan Prasodjo,” pungkas dia.

(Sumber: Suara.com)