Mundur Atau Tidak? Hal ini Perintah PDIP ke Menteri-menterinya

Mundur Atau Tidak? Hal ini Perintah PDIP ke Menteri-menterinya

Kontrapedia.com – Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto menegaskan para menteri yang mana berasal partainya akan tetap saja berada di area Kabinet Indonesia Maju hingga masa jabatan berakhir. Hal ini sekaligus untuk menjaga stabilitas urusan politik di tempat Indonesia jelang pemilihan 2024.

“Ya tentu cuma (menteri dari PDIP tetap memperlihatkan di tempat kabinet), menteri-menteri dari PDIP fokus agar tidak ada ada instabilitas politik, agar tak ada pihak-pihak ketiga yang digunakan mengail dalam air keruh,” ujar Hasto ditemui awak media di tempat Taman Budaya Yogyakarta (TBY), Rabu (24/1/2024) malam.

Menurutnya di keberadaan berpolitik penting untuk mengawasi kepentingan rakyat, bangsa dan juga negara. Hasto menggambarkan kondisi di tempat era Presiden Soeharto ketika para menteri memutuskan mundur secara massal.

“Jadi berpolitik ini harus mengamati kepentingan rakyat, bangsa kemudian negara. Kita lihat zaman Pak Harto ketika situasi kebijakan pemerintah diwarnai dengan mundurnya secara massal menteri kemudian menciptakan instabilitas politik,” ucapnya.

Terlebih ketika beberapa orang aksi peserta didik pun sudah ada mulai menggeliat. Hasto menyampaikan suara-suara dari penduduk termasuk para pemuda yang mana mempunyai idealisme sangat tinggi terhadap pemilihan umum harus didengarkan.

“Maka sebelum segala sesuatunya resultante yang digunakan tak kita inginkan sebaiknya setiap pemimpin mawas diri, untuk menempatkan kepentingan bangsa serta negara, rakyat pada melawan segalanya,” tuturnya.

Sebelumnya, beredar kabar bahwa beberapa jumlah menteri akan hengkang dari kabinet Jokowi. Termasuk pada nama yang dimaksud disebut akan mundur adalah Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati serta Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Menteri Komunikasi dan juga Informatika Budi Arie Setiadi mengungkapkan ia sampai menghubungi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi untuk mengecek isu mundurnya belasan menteri dari Kabinet Indonesia Maju (KIM).

Budi, di jumpa pers pada Jakarta, hari terakhir pekan (19/1/2024) menegaskan isu mundurnya belasan menteri dari kabinet Presiden Jokowi itu adalah hoaks belaka.

“Saya sudah ada komunikasi dengan Bu Retno yang dimaksud telah diisukan mau mundur. Beliau ini sedang mempersiapkan diri untuk debat pada Dewan Ketenteraman PBB tentang Kawasan Gaza pada waktu ke depan ini,” beber Menteri Budi.

Diketahui ketika ini masih ada beberapa jumlah menteri dari PDIP yang mana berada di dalam pada kabinet Jokowi. Di antaranya Tri Rismaharini (Menteri Sosial), Yasonna Laoly (Menteri Hukum kemudian HAM), Teten Masduki (Menteri Koperasi serta UMKM), Azwar Anas (Menteri PAN RB), Bintang Puspayoga (Menteri PPPA) hingga Basuki Hadimuljono (Menteri PUPR).

(Sumber: Suara.com)