Mengenal Mambosuri, Acara 7 Bulanan Adat Batak yang digunakan Dijalani Jessica Mila

Mengenal Mambosuri, Acara 7 Bulanan Adat Batak yang mana digunakan Dijalani Jessica Mila

Kontrapedia.com – Jessica Mila sedang berbahagia menanti kelahiran anak pertamanya. Kini, usia zat istri Yakup Hasibuan itu telah memasuki bulan ketujuh.

Untuk merayakan tujuh bulanan, dia pun mengadakan acara adat Batak, yaitu Mambosuri. Seperti diketahui, keluarga Yakup Hasibuan begitu memegang teguh tradisi leluhurnya.

“Jadi emang ini suatu rangkaian adat Batak, Mambosuri. Suatu doa dari keluarga untuk mendoakan Mila agar proses kelahiran diberikan kelancaran. Walaupun kita ini muda-muda, tapi kita emang suka beradat kemudian mau melestarikan adat,” terang Yakup Hasibuan, dikutipkan dari kanal YouTube Intens Investigasi, Awal Minggu (22/1/2024).

Potret Jessica Mila Jalani Prosesi 7 Bulanan (Instagram/jscmila)
Potret Jessica Mila Jalani Prosesi 7 Bulanan (Instagram/jscmila)

Mengenal Mambosuri, Acara 7 Bulanan Warga Batak

Mambosuri merupakan rangkaian acara adat dari Suku Batak Toba yang mana diperuntukkan untuk calon ibu, dalam mana usia kehamilannya telah lama mencapai 7 bulan.  

Acara mambosuri akan dihadiri oleh keluarga dari pihak lelaki (paranak) lalu pihak perempuan (parboru) dengan tujuan mendoakan kelancaran kelahiran bayi.

Pihak hulahula (mertua lelaki) akan menyiapkan serta mengakibatkan makanan kemudian perlengkapan adat khas batak ke tempat tinggal pasangan tersebut.

Salah satu prosesi yang dimaksud dijalankan adalah memberikan dekke (ikan mas arsik) dari pihak perempuan (parboru) ke calon ibu. Nantinya si calon ibu akan disuapi dekke sebanyak 3 kali lalu minum sebanyak yang 3 kali.

Selain itu, pihak parboru menyerahkan ulos (biasanya menggunakan ulos ragidup atau bintang maratur) untuk si calon ibu.

Ulos yang disebutkan diisi buah pinang muda sebagai sebagai simbol kebahagiaan pada memiliki keturunan dengan umur yang panjang.

Dalam upacara ini, paranak juga menyiapkan sejumah uang di amplop yang mana diserahkan kepihak mertua suami pada waktu acara selesai sebagai ucapan terima kasih.

(Sumber: Suara.com)