10 Rekomendasi Mechanical Keyboard Wireless Termurah

mechanical-keyboard

Mechanical Keyboard – Pastinya kita semua sudah mengetahui, bahwa keyboard merupakan salah satu komponen paling penting yang perlu kita miliki. Apalagi, jika aktivitas Anda sehari-harinya menggunakan laptop atau komputer. Tanpa adanya keyboard, sebuah komputer tidak dapat melakukan input atau perintah. Jadi, kita semua sepakat bahwa keyboard merupakan komponen yang sangat penting kita miliki.

Namun perlu Anda ketahui, bahwa ternyata ada banyak sekali jenis-jenis keyboard. Semua jenis-jenis keyboard tersebut tentunya memiliki perbedaan dan keunggulannya masing-masing. Dari beberapa jenis keyboard yang ada, mechanical keyboard merupakan salah satunya. Keyboard ini begitu populer di kalangan para pengguna laptop atau komputer. Nah, untuk Anda yang sedang kebingungan atau mencari referensi mengenai pilihan jenis keyboard ini, Anda perlu membaca artikel yang satu ini.

Pengertian Mechanical Keyboard

Sebelum memberikan rekomendasi-rekomendasi mechanical keyboard, kontrapedia akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai pengertian dari jenis keyboard yang satu ini. Mechanical keyboard adalah jenis keyboard yang menggunakan saklar mekanis individual untuk setiap tombol yang ada. Berbeda dengan keyboard membran yang menggunakan lapisan membran untuk mendeteksi tekanan tombol.

Baca Juga: Cara Memunculkan Keyboard di Laptop

Berbeda dengan keyboard pada umumnya, mechanical keyboard ini memiliki susunan saklar yang lebih kompleks. Selain itu, jenis keyboard yang satu ini juga memberikan pengalaman mengetik yang menyenangkan sebab para penggunanya dapat merasakan feedback saat menekan tombol-tombol keyboard. Sensasi-sensasi yang dirasakan pengguna tersebut bermacam-macam tergantung switch yang mereka gunakan.

Rekomendasi Mechanical Keyboard Wireless

Seperti yang sudah kita ketahui, ada banyak sekali mechanical keyboard yang tersedia dan dijual di pasaran. Akan tetapi, pastinya masing-masing keyboard tersebut memiliki keunggulannya tersendiri. Terkadang, kita sebagai para pengguna bingung karena ada banyaknya pilihan. Untuk itu, saya akan memberikan Anda beberapa rekomendasi jenis keyboard yang satu ini dan dapat menjadi referensi keyboard mechanical yang akan Anda beli:

1. Logitech G Pro X

Rekomendasi keyboard pertama yang dapat menjadi referensi bagi Anda yaitu Logitech G Pro X. Mechanical yang satu ini memiliki beberapa pilihan switch diantaranya seperti blue clicky, red linear dan brown tactile. Selain itu, Logitech G Pro X juga dilengkapi dengan RGB lighting dan pastinya sudah memiliki konektivitas wireless. Mengenai harganya itu sendiri, Logitech G Pro X ini dibandrol mulai dari 1,5 – 2 jutaan tergantung penjualnya.

2. Keychron K8 Wireless

Rekomendasi keyboard selanjutnya adalah Keychron K8 Wireless. Keyboard yang satu ini tentunya tidak kalah menarik dari keyboard sebelumnya, sebab Keychron ini dilengkapi dengan beberapa keunggulan. Keunggulan tersebut antara lain seperti TKL Design, mendukung koneksi wireless, RGB lighting dan switch gateron atau hot-swappable. Nah selain itu, keyboard ini juga sudah menggunakan dukungan USB-C untuk pengisian dayanya. Mengenai harga Keychron K8 Wireless di market place berkisar antara 1,3 – 2 jutaan.

3. Corsair K63 Wireless

Jika Anda tidak tertarik dengan beberapa pilihan rekomendasi sebelumnya, mungkin Corsair K63 Wireless ini dapat menjadi alternatif terbaik. Keyboard yang satu ini menggunakan switch Cherry MX Red dengan dukungan koneksi USB Dongle dan Bluetooth. Namun, bagi Anda yang suka minimalis keyboard ini kurang mendukung. Sebab Corsair K8 memiliki ukuran yang full size. Corsair K63 di bandrol dengan harga berkisar 1 – 2 jutaan saja.

4. Anne Pro Wireless

Tak kalah menarik dari beberapa pilihan sebelumnya, Anne Pro Wireless juga memiliki keunggulan yang hampir sama dengan rekomendasi sebelumnya. Namun, perbedaan dengan rekomendasi mechanical keyboard sebelumnya terletak pada koneksi yang di dukung keyboard ini. Sebab, Anne Pro mendukung koneksi Wireless dan USB Type-C. Selain itu, keyboard yang sati ini juga memiliki keypad 60% compact design. Anne Pro Wireless memiliki harga berkisar 1 – 2 jutaan jika Anda mencarinya melalui marketplace.

5. Razer BlackWidow V3 Pro

Rekomendasi mechanical keyboard wireless terakhir yang dapat menjadi referensi yaitu Razer BlackWidow V3 Pro. Keyboard yang satu ini memiliki harga yang cukup lumayan mahal jika kita bandingkan dengan beberapa pilihan sebelumnya. Harga yang ditawarkan berkisar 3-4 jutaan. Namun, tentunya Anda akan ditawarkan dengan spesifikasi yang memuaskan, salah satunya RGB chroma lighting.

Rekomendasi Mechanical Keyboard Murah

Beberapa rekomendasi atau pilihan mechanical keyboard wireless sebelumnya, rata-rata memiliki harga yang cukup lumayan mahal. Nah, untuk itu agar adil saya akan membagikan juga rekomendasi mechanical keyboard murah yang dapat menjadi referensi bagi Anda:

1. Redragon K552 Kumara

Rekomendasi mechanical keyboard murah pertama yang dapat menjadi referensi adalah Redragon K551 Kumara. Harga dari keyboard yang satu ini di bandrol berkisar 300 – 600 ribu. Meskipun harganya tidak terlalu mahal, akan tetapi Redragon K552 Kumara menawarkan keunggulan yang tak kalah menarik. Beberapa keunggulan tersebut yaitu salah satunya desain yang kompak. Dengan demikian, Anda menjadi mudah untuk membawa keyboard ini kemana-mana.

2. Anne Pro 2

Anne Pro 2 ini sebenarnya telah masuk pada rekomendasi keyboard mechanical wireless di atas, akan tetapi karena harganya yang terbilang cukup murah. Jadi, saya masukan kembali pada rekomendasi ini. Anne Pro 2 menawarkan beberapa keunggulan yang tak kalah keren dari keyboard-keyboard mahal. Beberapa keunggulan yang dimilikinya antara lain yaitu koneksi Bluetooth 4.0 dan USB Type-C. Selain itu, keyboard yang satu ini juga memiliki dukungan backlight RGB yang menambah kesan gaming saat menggunakannya.

3. E-Element Z-88

Selain beberapa pilihan mechanical keyboard murah sebelumnya, Anda juga dapat memilih E-Element Z-88 ini. Sebab, keyboard yang satu ini memiliki harga yang cukup murah yaitu berkisar 300-600 ribuan saja. Selain itu, keyboard ini juga dilengkapi dengan beberapa dukungan menarik seperti menggunakan switch berbagai pilihan Outemu dan RGB berbagai efek.

4. Velocifire TKL02WS

Pilihan mechanical keyboard murah yang saya rekomendasikan selanjutnya Velocifire TKL02WS ini. Keyboard yang satu ini telah dilengkapi dengan dukungan konektivitas 2,4 GHz Wireless dan menggunakan brown switch. Selain itu, harganya juga cukup terjangkau yaitu kisaran 300-600 ribuan saja. Dengan harganya yang cukup murah ini, Velocifire TKL02WS dapat menjadi salah satu pilihan terbaik karena memiliki banyak keunggulan yang memuaskan.

5. Glorious GMMK

Rekomendasi mechanical keyboard murah terakhir yaitu Glorious GMMK. Keyboard yang satu ini di bandrol dengan harganya 700 ribuan saja tanpa switch. Glorious GMMK menawarkan kebebasan bagi para penggunanya. Sebab, ketika Anda memiliki keyboard yang satu ini, Anda dapat mengganti switch sesuai preferensi. Selain itu, RGB light yang disematkan juga menambah kesan gaming saat menggunakannya.

Kesimpulan

Mechanical keyboard adalah alat atau komponen input yang menggunakan mekanisme individual untuk setiap tombolnya. Beberapa rekomendasi mechanical keyboard wireless antara lain seperti Logitech G Pro X, Keychron K8 Wireless, Corsair K63 Wireless, Anne Pro Wireless, Razer BlackWidow V3 Pro. Selain itu, rekomendasi mechanical keyboard murah antara lain seperti Glorious GMMK, Anne Pro 2, E-Element Z-88, Velocifire TKL02WS, Redragon K552 KUMARA.

jadi itulah penjelasan mengenai pengertian dan rekomendasi keyboard mechanical yang bisa Anda jadikan referensi. Tentunya, semua rekomendasi yang dibagikan dalam artikel ini murni pendapat saya pribadi tanpa adanya sponsor atau menjatuhkan produk-produk lainnya. Selain itu, mengenai harga keyboardnya Anda dapat melakukan pengecekan di marketplace atau lain sebagainya. Sebab, harganya dapat berubah suatu saat.