Keseriusan Iklim Positif, PT RAPP Tambah Bus Listrik

Keseriusan Iklim Positif, PT RAPP Tambah Bus Listrik

Kontrapedia.com – PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) atau PT RAPP unit operasional APRIL Group mengoptimalkan pemakaian energi terbarukan pada kegiatan operasionalnya. Termasuk pada kegiatan mobilisasi karyawan pada Riau Kompleks, di tempat Pangkalan Kerinci, Pelalawan, Provinsi Riau.

Dikutip kantor berita Antara dari rilis resmi perusahaan yang mana bergerak di bidang pulp lalu kertas, upaya beralih ke bus listrik untuk keinginan operasional karyawan dalam lingkungan perusahaan ini diadakan sebagai upaya mewujudkan nol emisi juga pencapaian komitmen untuk menurunkan emisi karbon.

Langkah perusahaan swasta pertama pada Pulau Sumatera pada menggunakan bus listrik itu upaya menyokong acara otoritas Indonesia di aksi menjaga dari pembaharuan iklim. PT VKTR Teknologi Mobilitas Tbk (VKTR) menyerahkan delapan bus listrik yang tersebut dipesan PT RAPP itu.

“Sebagai pionir pada kategori kendaraan listrik komersil pada Indonesia, VKTR berbahagia menghadapi kepercayaan yang mana diberikan RAPP untuk penambahan unit bus listrik kami,” jelas Gilarsi W. Setijono, Chief Executive Officer (CEO) VKTR di keterangan pada Jakarta, Kamis (25/1/2024).

PT VKTR Teknologi Mobilitas Tbk (VKTR) menyerahkan delapan bus listrik operasional karyawan terhadap PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) sebagai upaya mewujudkan nol emisi [ANTARA/HO-VKTR].
PT VKTR Teknologi Mobilitas Tbk (VKTR) menyerahkan delapan bus listrik operasional karyawan terhadap PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) sebagai upaya mewujudkan nol emisi [ANTARA/HO-VKTR].

Pada 2021-2023, APRIL Group sebagai anak bidang usaha dari PT RAPP telah terjadi mengoperasikan 10 unit bus listrik. Kemudian di dalam awal 2024 ini, PT RAPP mendatangkan delapan unit bus listrik.

Berbeda dari 10 unit yang tersebut telah terjadi ada sebelumnya, delapan unit bus listrik terbaru ini adalah bus listrik BYD yang dimaksud bekerja mirip dengan PT VKTR Teknologi Mobilitas Tbk (VKTR) selaku distributor pada Indonesia. Sehingga total ada 18 unit bus listrik pendukung operasional perusahaan yang dimaksud tidak ada henti menunjukkan komitmen pada upaya mewujudkan industri berkelanjutan ini.

Gilarsi W. Setijono menambahkan bahwa unit bus listrik VKTR menjadi pilihan PT RAPP pada menambah delapan bus listrik operasional karyawan, lantaran kepercayaan RAPP terhadap kualitas kemudian portfolio yang mana dimiliki VKTR sebagai pionir kendaraan komersil termasuk bus listrik di dalam Indonesia.

Eduward Ginting, Chief Operating Officer (COO) PT RAPP menyatakan dengan pemanfaatan bus listrik, RAPP dapat membantu memperlambat kenaikan pemanasan global juga menghilangkan keluaran limbah substansi berbahaya kemudian beracun dalam bentuk oli bekas. Selain itu pengaplikasian bus listrik juga terbukti dapat menghemat biaya pengisian komponen bakar minyak (BBM).

Upaya ini tidak ada lepas dari komitmen APRIL2030, yaitu visi APRIL Group untuk memenuhi tantangan dekade mendatang, terangkum pada empat komitmen sebagai Climate Positive (Iklim Positif), Thriving Landscape (Lanskap yang dimaksud Berkembang), Inclusive Progress (Kemajuan Inklusif), serta Sustainable Growth (Pertumbuhan yang mana Berkelanjutan).

Penggunaan bus listrik ini adalah satu dari sekian berbagai upaya perusahaan di memenuhi komitmen untuk menghurangi emisi karbon pada proses operasional, sebagai bagian dari komitmen berkelanjutan APRIL2030, yang digunakan diresmikan pada 2020.

Selain itu, PT RAPP berjanji mengoptimalkan pemanfaatan sumber energi terbarukan juga dijalankan dengan memulai pembangunan panel surya untuk menggerakkan pabrik pulp dan juga kertas. Saat ini, perkembangan baru mencapai total 11 megawatt (MW) dari target 50 MW pada 2030.

(Sumber: Suara.com)