Gibran Rakabuming Raka Diprotes Penggemar One Piece, Hal ini Penyebabnya

Gibran Rakabuming Raka Diprotes Penggemar One Piece, Hal ini Penyebabnya

Kontrapedia.com – Cawapres nomor urut dua, Gibran Rakabuming Raka mencoba tampil beda di acara debat capres cawapres keempat di dalam Ibukota Convention Center (JCC), Senayan, Akhir Pekan (21/1/2024) malam.

Saat pertama dipersilakan naik panggung, Gibran kedapatan memakai pin kecil bergambar tengkorak pada bagian kiri bajunya.

Setelah ditelusuri, gambar tengkorak yang digunakan ada di area pin yang dimaksud ternyata lambang ikonik Bajak Laut Topi Jerami atau Bajak Laut Mugiwara dari serial animasi Jepang, One Piece. Keberadaan lambang Bajak Laut Topi Jerami dalam forum resmi sekelas debat cawapres pun secara langsung mencuri perhatian para penggemarnya.

Benar saja, foto Gibran Rakabuming Raka memakai pin Bajak Laut Topi Jerami segera beredar pada akun-akun penggemar One Piece dalam media sosial.

Seperti terlihat di tempat salah satu akun di dalam Instagram, dia mempertegas gambar yang digunakan ada di area pin Gibran sebagai lambang Jolly Roger Strawhat Pirates atau Bajak Laut Topi Jerami.

“Widih, ada lambang bajak laut Mugiwara cuy tadi malam,” bunyi tulisan pada keterangan foto.

Hanya saja, aksi Gibran Rakabuming Raka memakai pin bergambar lambang Bajak Laut Topi Jerami bukan mendapat respons positif. Penggemar One Piece kesal lantaran animasi favorit mereka dibawa-bawa ke ranah politik.

Pasangan Capres juga Cawapres nomor urut dua, Prabowo Subianto (kiri) dan juga Gibran Rakabuming Raka (kanan) usai Debat Capres-Cawapres Keempat dalam JCC Senayan, Jakarta, Mingguan (21/1/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]
Pasangan Capres serta Cawapres nomor urut dua, Prabowo Subianto (kiri) kemudian Gibran Rakabuming Raka (kanan) usai Debat Capres-Cawapres Keempat dalam JCC Senayan, Jakarta, Hari Minggu (21/1/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]

Masih terlihat pada unggahan yang digunakan sebanding pula, mereka itu mengingatkan Gibran Rakabuming Raka untuk tak coba-coba menjadikan karakter One Piece sebagai alat berpolitik.

“Dilarang bawa-bawa politik!,” tegas admin akun penggemar One Piece tersebut.

Tanggapan negatif pun berbagai tersebar di area kolom komentar unggahan tersebut. Menurut mereka, tak pantas kalau Gibran Rakabuming Raka coba merepresentasikan kru Bajak Laut Topi Jerami yang dikenal suka memberantas pelanggaran hukum.

“Mugiwara memberantas hal yang digunakan melanggar hukum, tidak mengatur hukum,” kata akun @mainjauh***.

“Pakai lambang Mugiwara Pirates, tapi beliau salah satu Tenryuubito yang dimaksud menggunakan kekuasaan untuk menguasai,” tutur akun @hadii***.

Tidak sedikit pula yang menangkap maksud Gibran Rakabuming Raka untuk merepresentasikan diri sebagai perwakilan generasi muda pecinta animasi Jepun dalam ranah politik. Hanya saja, berbagai yang mana merasa tidaklah terwakilkan oleh Gibran, apalagi dengan penampilan semalam yang banjir kritik.

“Mau menarik para otaku juga wibu. Hm, aku tiada tertarik,” ucap akun @melon***.

Selain memakai pin bergambar lambang Bajak Laut Topi Jerami, Gibran Rakabuming Raka juga mengenakan jaket berlambang klan Uzumaki dari serial animasi Jepun lainnya, Naruto dalam panggung debat di malam hari tadi. Di bagian belakang jaket, tertera tulisan Samsul yang digunakan dicetak dengan font seperti judul Naruto.

Hanya saja, aksi Gibran Rakabuming Raka pada waktu meledek dua cawapres lain tambahan ramai ketimbang gaya busana yang ia kenakan waktu malam tadi. Untuk beberapa pihak, cara Gibran mengeluarkan candaan dianggap kurang beretika sebagai orang yang lebih banyak muda.

(Sumber: Suara.com)