Ganjar Cuitkan Nasihat Sunan Kalijaga, Ditujukan Buat Gibran?

Ganjar Cuitkan Nasihat Sunan Kalijaga, Ditujukan Buat Gibran?

Kontrapedia.com – Calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo, menjelaskan makna cuitannya di tempat akun X persoalan ‘Ojo Adigang, Adigung, Adiguna’ yang merupakan nasihat dari Sunan Kalijaga.

Menurutnya, hal itu tidak ada ditunjukan untuk salah satu paslon di dalam Pilpres 2024.

“Ya kalau suasana kebijakan pemerintah seperti ini jangan merasa junawa, jangan merasa paling hebat, jangan merasa dirinya lebih tinggi menguasai gitu. Itu untuk semua, jangan tersinggung kalau ada yang digunakan ngetweet gitu lalu jangan baperan,” kata Ganjar di dalam Pondok Pesantren Roudlotussolihin Bumi Restu Palas, Lampung Selatan, Mulai Pekan (22/1/2024).

Baca juga:

  • Raffi Ahmad Puji Gibran, Nagita Slavina Melongo Tatap Suami Selvi Ananda
  • Sikap Mahfud MD Tak Mau Jawab Pertanyaan Gibran Disorot, Netizen Kaitkan Kisah Imam Syafi’i Berdebat dengan Orang Bodoh
  • Gibran Diyakini Tak Asal Pilih, Jaket Naruto Ternyata Mengandung Pesan Dalam

Ia menyampaikan, cuitan yang dimaksud serupa sekali tak ditujukan untuk kandidat mana pun di dalam Pilpres 2024 termasuk pada Pilpres 2024.

“Oh nggak dong,” tuturnya.

Eks Gubernur Jawa Tengah ini lantas berbicara tentang dirinya tak ingin di pemilihan raya kembali terjadi pembelahan.

“Oh enggak-enggak. Kan pilpres biasanya orang akan punya preferensi masing-masing. Saya milih itu, pilih ini lalu jangan sampai terjadi pembelahan,” katanya.

“Ingat nggak waktu itu, 2 kali pilpres sebelumnya kan terjadi pembelahan yang digunakan cukup masif ya. Ada kelompok cebong, ada kelompok kampret, jangan terulang,” sambungnya.

Ia mengatakan, pada dua edisi pemilihan umum terakhir isu mengenai SARA sangat masif digaungkan. Untuk itu, Ganjar mengaku coba mengingatkan agar penduduk tak melakukan hal tersebut.

“Tapi warga perlu kita ingatkan agar di tempat antara kita mampu saling menjaga untuk tidak ada mengakibatkan isu-isu yang sanggup menyinggung perasaan, atau kita punya karakter lah. Menghormati sesama dgn kesantunan, juga tiada nge-hoaks gitu. Nggak ada hubungannya dengan yang digunakan tadi malem,” pungkasnya.

Untuk diketahui, usai debat keempat Cawapres yang tersebut dilaksanakan pada Mingguan (21/1/2024), Ganjar Pranowo tampak menciptakan cuitan yang dimaksud diduga menyindir Gibran Rakabuming. Ganjar Pranowo tampak menuliskan cuitan pepatah Jawa di akun X pribadinya.

Ojo Adigang, Adigung, Adiguna. Ada yang tersebut tau artinya?” tulis Ganjar Pranowo di akun pribadinya usai debat selesai.

Cuitannya itu diduga menyindir Gibran Rakabuming yang tersebut jadi sorotan pada debat cawapres. sebab itu sikap Gibran Rakabuming disebut tidak ada sopan dan juga tengil pada waktu debat.

Apalagi, di debat ia tampak dinilai meremehkan lawannya dengan menyebabkan aksi seperti mencari jawaban paslon lainnya.

Untuk diketahui Ojo Adigang, Adigung, Adiguna merupakan nasihat dari Sunan Kalijaga yang tersebut berarti ‘Jangan sok kuasa, sok besar, sok sakti.’

Sunan Kalijaga sendiri dikenal sebagai salah satu dari sembilan wali atau Wali Songo yang tersebut menyebarkan Agama Islam dalam Nusantara. Sunan Kalijaga sendiri kerap dikaitkan dengan Kerajaan Islam Demak pada masa awal-awal penyebaran Islam.

(Sumber: Suara.com)