Bisnis  

Digitalisasi Keuangan lewat BRImo dan juga AgenBRLink di area Desa Ibru, Penyabet Predikat Desa BRILiaN Inovatif dan juga Digitalisasi

Digitalisasi Keuangan lewat BRImo serta juga AgenBRLink pada area Desa Ibru, Penyabet Predikat Desa BRILiaN Inovatif lalu juga Digitalisasi

Kontrapedia.com – Desa Ibru, surga tersembunyi dalam Daerah Muaro Jambi, Provinsi Jambi, baru-baru ini mendapat perhatian umum dengan pencapaiannya.

Pada turnamen Nugraha Karya Desa BRILiaN 2023 yang dimaksud dijalankan di dalam Jakarta, Rabu (10/1/2024), desa kecil yang digunakan terletak dalam Kecamatan Mestong itu menyabet predikat sebagai “Desa Inovatif juga Digitalisasi Terbaik”.

Prestasi yang disebutkan diraih berkat sederet terobosan yang digunakan diadakan Desa Ibru pada memanfaatkan prospek desa.

Salah satu peluang yang tersebut dimiliki Desa Ibru adalah ketersediaan mata air dengan debit melimpah juga kualitas baik. Bersama badan bidang usaha milik desa (BUMDes) setempat, yakni BUMDes Suka Makmur, Desa Ibru mengembangkan usaha pengelolaan dan juga pengolahan air bersih untuk rumah tangga, perniagaan rumahan, lalu bahkan produsen air minuman pada kemasan (AMDK).

Kepala Desa Ibru Arman menceritakan, sebelum mata air itu dikelola dengan baik, warga desa harus mengantre untuk mendapatkan air bersih. Belum lagi, jalan menuju sumber air yang disebutkan terbilang berbahaya lantaran lokasinya berada pada melawan tebing.

Untuk mengatasi hambatan itu, pemerintah desa mendaftar pada di Inisiatif Nasional Pemberdayaan Komunitas (PNPM) Mandiri Perdesaan dan juga mendapatkan dana bantuan. Hingga akhirnya, desa mampu mendirikan menara air yang dihubungkan ke pipa-pipa kemudian ampere air.

Dengan pembangunan prasarana itu, warga dapat mengambil air bersih dengan tambahan mudah lalu aman. Begitu juga dengan warga yang sangat jauh dari sumber mata air. Mereka bisa jadi memanfaatkan air yang dimaksud lewat BUMDes Suka Makmur.

“Tarif penyelenggaraan air bersih pada Desa Ibru sebesar Mata Uang Rupiah 2.500 per kubik. Angka ini berjauhan lebih banyak rendah dari tarif air bersih dalam tempat lain di area Provinsi Jambi. Hal ini dikarenakan, air bersih dalam Desa Ibru bersifat subsidi kemudian sosial,” terang Arman, Selasa (16/1/2024).

Selain air, Desa Ibru juga menjadi ladang subur bagi flora rimpang, seperti kunyit. Komoditas ini diolah menjadi beragam komoditas bernilai ekonomi, mulai dari bubuk kunyit murni, teh kunyit, kunyit kristal, sabun kunyit, pengharum ruangan, hingga cairan ekoenzim lantaran pengolahannya dilaksanakan dengan konsep zero waste.

Meski perubahan pengolahan kunyit dalam Desa Ibru baru dimulai pada 2021, komoditas ini telah terjadi dipasarkan secara luas. Bahkan, sanggup menembus bursa internasional, seperti Negara Malaysia serta Turki.

Tingkatan pendapatan desa

Arman mengungkapkan bahwa terobosan-terobosan yang mana dijalankan bersatu BUMDes Suka Makmur telah dilakukan memberikan khasiat bagi pendapatan asli desa (PAD) dan juga publik setempat.

Adapun PAD Desa Ibru pada 2023 mencapai Mata Uang Rupiah 8,3 juta. Sementara, laba bersih BUMDes Suka Makmur sebesar Rupiah 83 jt per tahun. Manfaat ini berasal dari berbagai bidang usaha yang digunakan dijalankan BUMDes, seperti rimpang kunyit, pengelolaan feses ayam petelur menjadi pupuk kompos, kemudian kerajinan tangan.

“Rimpang kunyit sendiri menyumbang Simbol Rupiah 15 jt per tahun bagi BUMDes,” terang Arman.

Selain meningkatkan PAD, BUMDes Suka Makmur juga berperan pada mengembangkan peluang bidang usaha publik desa. BUMDes ini sudah membantu penduduk desa untuk mengembangkan usahanya, seperti pertanian, peternakan, kemudian kerajinan.

Terobosan lain yang mana diadakan Desa Ibru adalah menjadikan bidang rumahan berkelanjutan kemudian pertanian yang ada dalam sana sebagai destinasi wisata pendidikan, riset, dan juga tujuan pemberdayaan masyarakat.

Untuk mengembangkan kemungkinan itu, Desa Ibru menjalin kerja identik dengan beberapa mitra, seperti Pondok Pesantren Al-Muttaqin Desa Ibru, Ekowisata Alam Sebapo, serta Universitas Jambi.

Sementara terkait digitalisasi, Desa Ibru sudah mengembangkan berbagai media digital, seperti website resmi BUMDes Suka Makmur https://bumdes-sukamakmur.com kemudian Desa Ibru https://desaibru.id/,  juga media sosial yang dimaksud kontennya diperbarui secara rutin.

Arman menjelaskan, platform digital digital yang dimaksud dibuat untuk mengiklankan peluang desa serta sekaligus menjadi saluran informasi terhadap masyarakat.

“Sampai ketika ini, website serta media sosial BUMDes Suka Makmur dikelola oleh regu kerja mirip antara Universitas Jambi kemudian BUMDes Suka Makmur. Sementara itu, website dan juga media sosial Desa Ibru dikelola oleh pasukan pemerintahan Desa Ibru yang dipimpin oleh Kepala Seksi Pelayanan,” jelas Arman.

Akrab dengan kegiatan digital

Digitalisasi yang mana dijalankan di tempat Desa Ibru tidaklah semata-mata mencakup penyediaan saluran komunikasi, tetapi juga layanan keuangan. Sebagai finalis Desa BRILiaN 2023, desa ini memang benar sudah pernah akrab dengan operasi digital.

Kegigihan kelompok BRI dari Kantor Unit Tempino, Provinsi Jambi, memainkan peran pada hal itu. Mereka senantiasa memberikan pendampingan untuk warga desa pada pengenalan pelayanan perbankan serta produk-produk digital BRI, mulai dari AgenBRILink, BRImo, QRIS, Pasarid, hingga Localoka.

Arman menuturkan, semua produk-produk digital BRI sudah teraplikasikan dengan baik di dalam Desa Ibru. Adapun barang digital yang paling banyak digunakan adalah AgenBRILink untuk keperluan tarik tunai, transfer, pembayaran listrik, angsuran, juga lain-lain.

Sebagai informasi, AgenBRILink adalah layanan perbankan tanpa kantor yang diinisiasi oleh BRI. Dalam layanan tersebut, BRI menggandeng klien sebagai agen yang tersebut dapat melayani operasi perbankan rakyat secara real time online dengan konsep sharing fee.

Kehadiran AgenBRILink di dalam Desa Ibru menggerakkan inklusi keuangan di dalam Desa Ibru. Warga yang ingin melakukan proses perbankan, seperti pengiriman uang, tapi tidak ada punya account bank menjadi terbantu dengan layanan ini.

Selanjutnya adalah BRImo, Mobile Banking dari BRI ini, kata Arman, efektif membantu proses keuangan kemudian perbankan warga desa. Contohnya, di pembayaran. 

Seperti diketahui, BRImo dilengkapi dengan fasilitas pemindaian QRIS BRImo. Jadi, pengguna cukup menggunakan fasilitas ini untuk memindai kode QRIS, pembayaran pun beres.

Selain QRIS BRImo, BRImo juga sanggup dipakai untuk membayar berbagai macam tagihan bulanan.

Selain itu, Localoka juga dipakai oleh warga umum untuk membeli produk-produk yang terdapat di area BUMDes Suka Makmur Desa Ibru.

Secara umum, ia menilai, keberadaan hasil keuangan digital BRI di tempat Desa Ibru memberikan dampak positif terhadap inklusi keuangan juga perekonomian desa.

Berkat hasil keuangan digital BRI, warga Desa Ibru dimudahkan pada mengakses layanan keuangan, seperti transaksi, pembayaran, dan juga pinjaman. Selain itu, produk-produk keuangan digital BRI juga membantu meningkatkan produktivitas publik Desa Ibru sehingga dapat meningkatkan perekonomian desa.

Itulah kemungkinan Desa Ibru yang menjadikannya sebagai salah finalis Desa BRILiaN 2023. Setiap desa berkesempatan untuk menjadi partisipan Desa BRILiaN periode selanjutnya.

Mari kembangkan prospek desa Anda dengan BRI. Untuk mendapatkan informasi lebih besar lengkap mengenai kegiatan tersebut, segera kunjungi atau hubungi kantor BRI Unit atau Mantri BRI Unit di area desa Anda.

(Sumber: Suara.com)