Cara Menemukan Aplikasi Tersembunyi pada Android

Cara Menemukan Program Tersembunyi pada Android

Kontrapedia.com – Konsumen tanpa sadar mempunyai aplikasi mobile yang mana tersembunyi di dalam Android. Meskipun pengguna dapat mengamati program pada layar utama ponsel, tetapi itu tidaklah menampilkan setiap aplikasi mobile yang mana diinstal.

Laci perangkat lunak menampilkan daftar perangkat lunak yang dimaksud diinstal, diurutkan berdasarkan abjad. Hal ini akan menunjukkan untuk pengguna sebagian besar perangkat lunak di tempat perangkat, namun beberapa mungkin saja tersembunyi.

Untuk meninjau aplikasi mobile tersembunyi dalam Android lewat laci aplikasi, lakukan hal berikut:

  • Ketuk menu tiga titik di area bagian berhadapan dengan laci aplikasi.
  • Pilih Hide apps.
  • Daftar aplikasi mobile yang dimaksud disembunyikan ditampilkan. Jika layar ini kosong atau opsi Hide apps tidak ada ada, maka tidaklah ada perangkat lunak yang disembunyikan.

Cara menemukan perangkat lunak tersembunyi di dalam pengaturan

Daftar perangkat lunak lengkap juga dapat diakses dari program Settings. Ikuti langkah-langkah di area bawah ini:

  • Ketuk Settings dengan ikon seperti roda gigi.
  • Lalu mengakses Apps > See all apps.
  • Di beberapa perangkat, pengguna harus memilih Apps & notifications.

Melihat ikon lalu nama program mungkin saja tidak ada cukup untuk mengetahui apa yang mana sebenarnya terpasang dalam perangkat.

Ada berbagai perangkat lunak dalam Play Store yang digunakan kemungkinan besar terlihat seperti satu jenis aplikasi, namun sebenarnya dirancang untuk menyembunyikan gambar, video, kemudian data lainnya.

Salah satu contoh yang tersebut populer adalah aplikasi mobile Smart Hide Calculator yang digunakan terlihat lalu berfungsi seperti perangkat lunak kalkulator dasar tetapi juga merupakan program penyimpanan file. UI kalkulator berfungsi penuh, tetapi akan terbuka juga mengungkapkan tujuan sebenarnya ketika pengguna memberikan PIN yang tersebut benar.

Ilustrasi HP Android. [pixabay]
Ilustrasi HP Android. [pixabay]

Untuk memeriksa ulang identitas sebenarnya dari perangkat lunak Android apa pun, lakukan hal berikut:

  • Ketuk juga tahan ikon program hingga menu kecil muncul.
  • Ketuk ikon kecil (i).
  • Sebuah halaman muncul yang dimaksud merinci segala sesuatu tentang aplikasi, mulai dari ukuran penyimpanan hingga izinnya. Ketuk App details.
  • Halaman Play Store perangkat lunak akan terbuka. Dari sini, pengguna dapat membaca informasi resmi tentang perangkat lunak tersebut, termasuk ulasan dari pengguna lain.

Itulah cara yang mampu pengguna gunakan untuk menemukan aplikasi mobile tersembunyi di dalam Android.

(Sumber: Suara.com)