Cara Memunculkan Keyboard di Laptop

cara-memunculkan-keyboard-di-laptop

Revolusi digital telah merubah sebagian besar aktivitas kita menjadi bergantung para perangkat seluler salah satunya seperti laptop. Sama halnya dengan beberapa perangkat seluler lainnya, laptop juga memerlukan keyboard untuk menampilkan input atau memasukan input yang kita inginkan. Namun biasanya tak jarang kita seringkali kerusakan pada keyboard tersebut yang menyebabkan tidak bisanya melakukan aktivitas. Tetapi tenang saja, pasalnya dalam artikel kali ini saya akan memberikan penjelasan menarik mengenai panduan cara memunculkan keyboard di laptop, yuk simak!

Cara Memunculkan Keyboard di Layar Laptop

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memunculkan keyboard tersebut. Untuk itu, saya akan menjelaskan satu-persatu cara-cara tersebut seperti berikut ini:

1. Melalui Control Panel

cara-memunculkan-keyboard-di-layar-laptop

Untuk memunculkan keyboard di layar laptop, cara pertama yang bisa kamu lakukan yaitu melalui Control Panel ini. Untuk dapat mengakses control panel tersebut, kamu dapat menekan tombol windows atau logo windows yang terdapat pada laptop. Setelah itu, masuk menu Control Panel > Ease of Access > Ease of Access Center > Start On-Screen Keyboard.

2. Melalui Pencarian

cara-memunculkan-keyboard-di-layar-laptop

Selain kamu dapat mengaksesnya melalui Control panel, terdapat salah satu cara yang lebih sederhana dari cara sebelumnya yaitu dengan menggunakan kolom pencarian yang terdapat pada Windows. Tuliskan saja Ease of Access Keyboard Setting. Nah, nantinya secara otomatis kamu akan langsung diarahkan pada halaman keyboard on screen yang dapat kamu aktifkan.

3. Menggunakan Shortcut

cara-memunculkan-keyboard-di-layar-laptop

Terlepas dari beberapa cara sebelumnya, nyatanya kamu juga dapat mengaktifkan keyboard on screen menggunakan shortcut lho. Dengan begitu, kamu tidak perlu lagi membuka Control Panel atau mencarinya dalam kolom pencarian. Kamu hanya perlu menekan tombol Windows + Ctrl + O dan secara otomatis keyboard on screen akan muncul.

Cara Memunculkan Keyboard Arab di Laptop

Bagi kamu yang ingin memunculkan keyboard dengan bahasa Arab sekalipun sebenarnya bisa. Mungkin beberapa dari kamu memerlukan keyboard tersebut sewaktu-waktu baik itu untuk tuas atau lain sebagainya. Namun, biasanya keyboard yang dijual di pasaran tidak dalam bahasa Arab. Oleh karena itu, saya akan memberikan panduan lengkap mengenai cara memunculkan keyboard Arab di laptop seperti berikut ini:

1. Buka Pengaturan

cara-memunculkan-keyboard-arab-di-laptop

Langkah pertama dalam cara memunculkan keyboard Arab di laptop ialah kamu perlu membuka pengaturan terlebih dahulu. Untuk membuka pengaturan dalam laptop atau pc, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan baik itu melalui ikon start yang berada di sebelah kiri bawah atau melalui kolom search dan memasukkan kata kunci “settings”.

2. Pilih “Time & Language”

cara-memunculkan-keyboard-arab-di-laptop

Setelah kamu berada pada halaman pengaturan, untuk dapat memunculkan keyboard tersebut, sekarang kamu perlu membuka menu yang bertuliskan “Time & Language” dan secara otomatis kamu akan di alihkan pada halaman pengaturan dari menu tersebut.

cara-memunculkan-keyboard-arab-di-laptop

Jika kamu mengikuti langkah sebelumnya, maka kamu akan dialihkan pada halaman seperti yang tertera pada gambar diatas. Nah, pada tahap ini kamu perlu memilih menu ” Language”. Setelah itu, jika kamu sudah berada di halaman menu tersebut, kamu cukup scroll kebawah dan ikuti panduan berikut “Preferred Languages” > Add a preferred language > Pilih bahasa Arab > Install.

3. Tampilkan Keyboard

cara-memunculkan-keyboard-arab-di-laptop

Nah, jika sudah mengikuti beberapa panduan sebelumnya. Sekarang kita perlu menampilkan keyboard di layar laptop atau pc. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, baik itu melalui kolom pencarian Windows dan mengetikan “On-Screen Keyboard”. Atau kamu juga bisa melalui shortcut dengan menekan tombol Windows + Ctrl + O.

4. Ubah Bahasa

cara-memunculkan-keyboard-arab-di-laptop

Terakhir, untuk mengganti bahasa dalam keyboard tersebut kamu perlu mengubah bahasa pada laptop atau pc yang kamu gunakan. Biasanya, untuk mengubah bahasa kamu dapat menemukan tombol kecil di sebelah kanan bawah yang bertuliskan “ENG”. Jika terdapat tombol tersebut, klik dan ubah kedalam bahasa Arab. Namun, jika tidak ada tombol tersebut, kamu dapat melakukannya melalui kolom pencarian Windows dan masukan “Language Settings”. Setelah itu, kamu dapat mengganti bahasa tersebut kedalam bahasa Arab.

Kesimpulan

Itulah penjelasan lengkap mengenai cara memunculkan keyboard di laptop. Untuk memunculkannya, kamu bisa menggunakan shortcut atau lain sebagainya. Semoga dengan adanya artikel ini dapat memberikan solusi dan manfaat bagi para pembaca. Jangan lupa untuk support terus KONTRAPEDIA.com dengan cara share artikel ini, terima kasih.

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *