Apa Itu Hilirisasi Digital? Sempat Disebut Gibran Rakabuming di Debat Cawapres

Apa Itu Hilirisasi Digital? Sempat Disebut Gibran Rakabuming di area Debat Cawapres

Kontrapedia.com – Usai turnamen Debat Cawapres yang mana berlangsung Akhir Pekan di malam hari (21/1/2024), gagasan Gibran Rakabuming mengenai proses pengolahan lebih lanjut digital menjadi perbincangan hangat. Menuai debat panas, apa itu proses lanjut digital?

Sempat disinggung di tempat Debat Cawapres pertama, proses pengolahan lebih lanjut digital kembali menjadi sorotan calon duta presiden nomor urut dua, Gibran Rakabuming Raka.

Berbicara terkait sumber daya alam di tempat Indonesia, Gibran Rakabuming kembali menyinggung hilirisasi. Rencana pengembangan lebih lanjut ini berkaitan dengan Indonesia sebagai cadangan nikel terbesar di dalam dunia bersatu dengan timah.

Tidak hanya saja fokus pada tambang, pertanian juga maritim, putra sulung Jokowi ini juga berharap agar terjadinya proses pengolahan lebih lanjut digital di dalam masa mendatang.

Hilirisasi wajib dilanjutkan dan juga diperluas cakupannya. Bukan semata-mata pada sektor pertambangan, melainkan juga pertanian, sektor maritim hingga proses pengolahan lebih lanjut digital. Kita bukan boleh lagi mengirim barang mentah,” ujar Gibran Rakabuming.

Lalu apa itu pengembangan lebih lanjut digital yang mana sempat berkali-kali diucap oleh Gibran Rakabuming pada masa Debat Cawapres yang digunakan berlangsung beberapa waktu lalu?

Menurut Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Gibran, Budiman Sudjatmiko, proses lanjut digital adalah upaya mempersiapkan infrastruktur jaringan atau konektivitas internet untuk memulai pembangunan lapangan usaha perangkat digital.

Budiman Sudjatmiko menyampaikan bahwa pemberian akses internet dan juga literasi digital untuk rakyat merupakan salah satu wujud proses pengolahan lebih lanjut digital yang dimaksud diadakan hingga menyentuh kawasan yang tak terjangkau.

Hilirisasi digital yang dimaksud digagas oleh pasangan Prabowo kemudian Gibran Rakabuming ini diharapkan dapat mengoptimalkan sumber daya manusia pada sektor digital untuk mengembangkan blockchain, AI, machine learning hingga bid data analytics.

Lebih lanjut, Budiman Sudjatmiko menyelaskan apa itu proses pengolahan lebih lanjut digital sebagai usaha pemerintah melakukan digitalisasi pada rantai pasok bidang strategis di tempat Tanah Air.

Besar harapannya nanti, beberapa lapangan usaha akan bekerja berdampingan dengan kemajuan teknologi. Misalnya untuk pertanian, petani dapat mengupayakan teknologi guna pengembangan pupuk dan juga bibit unggul.

Tidak hanya saja itu, perpaduan antara teknologi lalu pertanian ini juga sanggup membantu pengembangan IOT Smartfarming atau e-commerce yang digunakan hadir khusus untuk pangan nantinya.

Hilirisasi digital yang tersebut digarap oleh pasangan Prabowo juga Gibran Rakabuming ini bertujuan untuk menghadirkan biosfer DNA (Device, Network dan juga Application) yang digunakan memberikan pengaruh besar pada nilai kegiatan ekonomi dalam masa mendatang.

Sempat beberapa kali disebut dan juga menjadi perbincangan hangat di dalam media sosial, itu tadi ulasan lengkap mengenai apa itu proses lanjut digital yang tersebut semalam ini digagas oleh Gibran Rakabuming.

(Sumber: Suara.com)