30 Refleksi Orang Tua pada Rapor Siswa SD, SMP Sampai SMA Memakai Kalimat Sopan

30 Refleksi Orang Tua pada Rapor Siswa SD, SMP Sampai SMA Memakai Kalimat Sopan

Kontrapedia.com – Saat memulihkan raport ke sekolah, wali murid banyak atau orang tua siswa kali harus mengisi kolom refleksi terhadap pencapaian murid. Hal ini merupakan salah satu upaya untuk memperkuat perkembangan partisipan didik, baik dalam bidang akademik maupun non akademik.

Sebenarnya refleksi orang tua dalam raport siswa tiada memiliki aturan baik, Anda hanya sekali perlu menuliskan dengan kalimat yang mana sopan dan juga berdasarkan pengamatan yang tersebut jujur.

Contoh refleksi orang tua di dalam raport

Terdapat beberapa poin penting yang tersebut sebaiknya tercantum di tulisan refleksi orang tua, yaitu perkembangan di diri anak didik, hal yang mana diharapkan masih sanggup berkembang, serta upaya apa yang bisa jadi dijalankan oleh orang tua untuk menggalang perkembangan.

Supaya tambahan mudah, simak beberapa contoh refleksi orang tua di tempat rapor siswa berikut. Contoh ini mampu digunakan untuk mengisi raport SD, SMP, sampai SMA.

1. Saya bangga dengan perkembangan anak saya di area sekolah. Anak saya menunjukkan kemampuan akademik yang baik lalu sikap yang positif terhadap belajar.

2. Anak saya sangat antusias di mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di area sekolah. Saya berharap anak saya dapat terus mengembangkan bakat kemudian minatnya di area bidang yang tersebut disukainya.

3. Saya mengapresiasi kerjasama yang baik antara guru juga orang tua di mengupayakan proses pembelajaran anak saya. Saya berterima kasih melawan bimbingan juga motivasi yang digunakan diberikan oleh guru-guru dalam sekolah.

4. Saya mengawasi anak saya memiliki peluang yang digunakan besar untuk mengalami perkembangan di dalam masa depan. Saya berharap sekolah dapat memberikan sarana kemudian kurikulum yang sesuai dengan keinginan kemudian kemampuan anak saya.

5. Saya menyadari bahwa anak saya masih perlu meningkatkan kedisiplinan dan juga tanggung jawabnya di area sekolah. Saya berjanji akan membantu anak saya untuk memperbaiki kekurangan dan juga kelemahannya.

6. Saya senang dengan prestasi yang mana diraih oleh anak saya pada sekolah. Anak saya berhasil memenuhi standar kompetensi yang mana ditetapkan oleh sekolah juga bahkan melampaui harapan saya. Semoga ke depannya kompetensi yang disebutkan semakin berkembang.

7. Saya menghargai perniagaan keras yang dijalankan oleh anak saya di area sekolah. Anak saya bukan pernah menyerah kemudian setiap saat berupaya untuk mencapai hasil yang terbaik.

8. Ke depannya, saya berharap anak saya mampu lebih tinggi terlibat serta percaya diri di berinteraksi dengan guru serta teman-temannya di tempat sekolah. Saya yakin anak saya mempunyai banyak ide juga gagasan yang tersebut menarik untuk dibagikan.

9. Saya kagum dengan kreativitas kemudian pembaharuan yang digunakan ditunjukkan oleh anak saya di area sekolah. Anak saya setiap saat mencari cara baru untuk menyelesaikan permasalahan juga mengekspresikan dirinya.

10. Saya memperkuat penuh tindakan anak saya untuk mengambil jurusan yang dimaksud diminatinya di tempat sekolah. Saya berharap anak saya dapat mengejar cita-cita kemudian passionnya dengan semangat dan juga tekun.

11. Saya merasa bersyukur memiliki anak yang dimaksud berbakti dan juga hormat terhadap guru lalu orang tua. Anak saya setiap saat menunjukkan sikap sopan kemudian santun untuk semua orang yang mana berinteraksi dengannya.

12. Untuk bidang akademik, anak saya memang benar sudah ada cukup baik, tetapi untuk kesulitan kebugaran, kelihatannya masih diperlukan berbagai perbaikan. Sebagai orang tua, saya akan membantunya lebih banyak memperhatikan pola makan dan juga istirahatnya agar tiada mudah sakit serta lelah.

13. Saya terkesan dengan kemampuan berbahasa asing yang tersebut dimiliki oleh anak saya pada sekolah. Anak saya dapat berbicara kemudian menulis dengan lancar di beberapa bahasa yang dimaksud berbeda.

14. Melihat prestasi yang tersebut dimiliki oleh anak saya, saya menyarankannya untuk tambahan mengatur waktu dan juga prioritasnya di dalam sekolah. Saya berharap, anak saya dapat menyeimbangkan antara kegiatan akademik juga non-akademiknya agar bukan ketinggalan atau tertekan.

15. Saya mengundang anak saya untuk lebih besar rutin berdiskusi kemudian berkonsultasi dengan guru di tempat sekolah. Saya berharap anak saya dapat memanfaatkan sumber belajar yang dimaksud tersedia di dalam sekolah untuk meningkatkan pemahaman serta keterampilannya.

16. Saya memuji anak saya melawan kerjasama kemudian kebersamaan yang tersebut ditunjukkan pada sekolah. Anak saya dapat bekerja sebanding dengan baik dengan teman sekelas serta teman seangkatannya pada berbagai proyek dan juga kegiatan.

17. Saya mengingatkan anak saya untuk lebih tinggi berhati-hati kemudian bertanggung jawab pada menggunakan infrastruktur kemudian perlengkapan sekolah. Saya berharap anak saya dapat menjaga juga merawat barang-barang yang digunakan dipinjam atau digunakan di tempat sekolah.

18. Saya menantang anak saya untuk lebih tinggi meningkatkan kemampuan dan juga prestasinya pada sekolah. Saya berharap anak saya dapat menghadapi tantangan juga kesulitan yang tersebut mungkin saja dijumpainya dengan optimis serta solutif.

19. Saya mengerti bahwa anak saya mempunyai keunikan lalu karakteristiknya sendiri di area sekolah. Saya berharap sekolah dapat menghargai lalu mengakomodasi keperluan khusus juga keberagaman anak saya.

20. Selama satu semester ini anak saya tentu berbuat kesalahan, maka dari itu saya ingin memohon maaf menghadapi hal tersebut. Saya berharap sekolah dapat memberikan kesempatan juga bantuan untuk anak saya untuk memperbaiki kemudian menebus kesalahannya.

21. Saya mengucapkan selamat untuk anak saya menghadapi penghargaan juga apresiasi yang mana diterimanya pada sekolah. Anak saya telah terjadi menunjukkan prestasi yang mana luar biasa lalu memproduksi saya bangga.

22. Saya memotivasi anak saya untuk terus belajar kemudian berprogres pada sekolah. Saya berharap anak saya dapat mencapai prospek maksimalnya dan juga menjadi pribadi yang dimaksud lebih lanjut baik.

23. Sejauh ini, saya mengamati bahwa anak saya miliki minat juga bakat yang mana luas dalam sekolah. Saya berharap anak saya dapat mengeksplorasi juga mengembangkan minat lalu bakatnya dalam berbagai bidang.

24. Saya memberikan saran serta masukan untuk anak saya untuk memperbaiki kinerja serta sikapnya dalam sekolah. Saya berharap anak saya dapat menerima dan juga menerapkan saran serta masukan yang dimaksud diberikan dengan positif lalu konstruktif.

25. Saya berbagi pengalaman serta cerita dengan anak saya tentang masa sekolah saya. Saya berharap anak saya dapat belajar dari pengalaman lalu cerita saya kemudian mengambil pelajaran yang dimaksud bermanfaat.

26. Sejauh ini, saya puas dengan pencapaian anak saya, semoga ke depannya prestasi yang disebutkan tak menurun. Selain itu, saya berharap anak saya dapat melakukan yang digunakan terbaik serta tidak ada merasa cemas atau takut.

27. Saya mengajarkan anak saya untuk menghormati dan juga menghargai perbedaan kemudian keragaman pada sekolah. Saya berharap anak saya dapat bersikap toleran dan juga inklusif terhadap semua orang yang berbeda dari dirinya.

28. Saya menanyakan anak saya tentang kegiatan juga pengalaman yang tersebut dialaminya dalam sekolah. Saya berharap anak saya dapat berbagi dan juga bercerita dengan jujur lalu terbuka terhadap saya.

29. Saya memberikan contoh dan juga teladan yang baik terhadap anak saya tentang perilaku lalu etika di dalam sekolah. Saya berharap anak saya dapat meniru serta mengikuti contoh dan juga teladan yang mana saya berikan.

30. Sebagai orang tua, saya ingin menyampaikan apresiasi serta penghargaan terhadap segala usaha serta hasil yang mana dicapai oleh anak saya di dalam sekolah. Saya berharap anak saya dapat merasa puas lalu bahagia dengan bidang usaha serta hasilnya.

Demikian beberapa contoh refleksi orang tua yang tersebut mampu diisi pada raport siswa SD, SMP hingga SMA.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

(Sumber: Suara.com)